jump to navigation

Mengoptimalkan Economic Order Quantity (EOQ) June 11, 2010

Posted by teamteaching in Uncategorized.
trackback

Model Persediaan untuk menghitung jumlah pemesanan yang optimal dan titik pemesanan ulang telah ada jauh sebelum kedatangan komputer. Ketika Ford Model T pertama yang meluncur dari jalur perakitan, produsen sudah menuai manfaat keuangan manajemen persediaan dengan menentukan biaya yang paling efektif jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari Kapan? dan Berapa?. Ya jauh sebelum JIT, TQM, TOC, dan MRP, perusahaan yang menggunakan yang sama (kemudian disebutkan namanya) konsep dalam mengelola produksi dan persediaan. Baru saja saya membaca Pembelian dan Menyimpan, sebuah buku yang merupakan bagian dari Bisnis “Modern Course” di Alexander Hamilton Institute di New York. Buku teks diterbitkan pada tahun 1931 (yang tepat 1931) pada dasarnya adalah bagaimana buku tentang manajemen persediaan dalam lingkungan manufaktur. Jika Anda bertanya-tanya mengapa saya ingin membaca teks bisnis 70 tahun, jawaban saya adalah bahwa konsep dasar dari mengelola perubahan bisnis yang sangat kecil dengan waktu, dan membaca tentang konsep-konsep ini dalam teks vintage adalah besar cara untuk memperkuat nilai fundamental. Referensi berkala untuk “Perang” (merujuk pada Perang Dunia I) juga tetap menarik dan tidak adanya lengkap akronim adalah menyegarkan.

Seperti yang mungkin Anda duga, ini buku 70 tahun berisi bagian tentang Jumlah Biaya Minimum, yang adalah apa yang sekarang kita sebut sebagai Ekonomi Order Quantity (EOQ). Saya bisa membayangkan bahwa di tahun 1930-an seorang akuntan (atau lebih mungkin ruangan yang penuh dengan akuntan) akan dihitung EOQ atau rumus persediaan lain yang terkait satu item pada suatu waktu di kantor remang-remang dengan menggunakan buku persediaan, mesin menambahkan mekanik dan slide aturan. mengkonsumsi Waktu seperti ini, beberapa produsen waktu mengakui manfaat keuangan mengambil pendekatan ilmiah untuk membuat keputusan ini persediaan.

Jadi mengapa begitu, di zaman teknologi informasi canggih, banyak perusahaan yang masih tidak mengambil keuntungan dari model persediaan yang mendasar? Sebagian dari jawabannya terletak dalam hasil miskin diterima karena input data yang tidak akurat. biaya produk yang akurat, biaya aktivitas, ramalan, sejarah, dan waktu adalah penting dalam membuat model persediaan bekerja. Ironisnya, kemajuan perangkat lunak mungkin juga sebagian untuk menyalahkan. Banyak paket ERP datang dengan dibangun dalam perhitungan untuk EOQ yang menghitung secara otomatis. Seringkali pengguna tidak mengerti bagaimana dihitung dan karena itu tidak memahami input data dan seting sistem yang mengontrol output. Ketika output tampaknya menjadi “rusak” itu hanya diabaikan. Hal ini terkadang menciptakan situasi di mana eksekutif yang telah membeli perangkat lunak tersebut tidak benar menganggap materi perencana dan pembelian yang memerintahkan panitera didasarkan pada rekomendasi sistem. Saya juga harus mencatat bahwa banyak operasi akan menemukan ini built-in perhitungan EOQ tidak memadai dan membutuhkan modifikasi untuk menangani keragaman kelompok produk mereka dan proses.

tujuan dan strategi Perusahaan kadang-kadang mungkin bertentangan dengan EOQ. Mengukur kinerja hanya oleh perputaran persediaan adalah salah satu kesalahan paling produktif dibuat dalam nama manajemen persediaan. Banyak perusahaan telah mencapai tujuan agresif dalam meningkatkan persediaan ternyata hanya untuk menemukan baris bawah mereka telah menyusut karena biaya operasional meningkat.

EOQ pada dasarnya adalah formula akuntansi yang menentukan titik di mana kombinasi dari biaya order dan ongkos persediaan adalah yang paling. Hasilnya adalah jumlah biaya yang paling efektif untuk memesan. Dalam pembelian ini dikenal sebagai kuantitas pesanan, di manufaktur ini dikenal sebagai ukuran lot produksi.

Sementara EOQ mungkin tidak berlaku untuk setiap situasi persediaan, sebagian besar organisasi akan menemukannya bermanfaat, setidaknya dalam beberapa aspek operasi mereka. Kapan saja Anda memiliki pembelian berulang atau perencanaan item, EOQ harus dipertimbangkan. Jelas untuk aplikasi EOQ adalah pembelian saham-untuk-distributor dan membuat-untuk-saham produsen, bagaimanapun, membuat-untuk-order produsen juga harus mempertimbangkan EOQ ketika mereka memiliki beberapa perintah atau tanggal rilis untuk item yang sama dan ketika perencanaan komponen dan sub- rakitan. Berulang-ulang membeli pemeliharaan, perbaikan, dan operasi (MRO) persediaan juga merupakan aplikasi yang bagus untuk EOQ. Meskipun EOQ umumnya direkomendasikan dalam operasi di mana permintaan relatif stabil, item dengan variabilitas permintaan seperti musiman tetap dapat menggunakan model dengan pergi ke periode waktu yang lebih singkat untuk perhitungan EOQ. Pastikan penggunaan Anda dan biaya membawa didasarkan pada periode waktu yang sama.

Tidak bertentangan EOQ dengan Just-In-Time? Sementara saya tidak ingin terlibat dalam diskusi panjang di kesalahpahaman tentang apa saja-In-Time (JIT) adalah, saya akan membahas kesalahpahaman yang paling umum di mana JIT diasumsikan berarti semua komponen harus tiba dalam jangka tepat jumlah “tepat waktu” untuk menjalankan produksi. JIT sebenarnya adalah sebuah inisiatif kualitas dengan tujuan menghilangkan langkah sia-sia, tenaga kerja terbuang, dan biaya terbuang sia-sia. EOQ harus menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mencapai hal ini. EOQ digunakan untuk menentukan komponen sesuai dengan model JIT dan apa tingkat JIT secara ekonomis menguntungkan untuk operasi Anda. Sebagai contoh, mari kita asumsikan Anda adalah produsen peralatan halaman rumput dan Anda memproduksi 100 unit per hari model tertentu mesin pemotong rumput. Meskipun mungkin biaya efektif untuk memiliki 100 mesin tiba di dermaga Anda setiap hari, itu tentu saja tidak akan dikenakan biaya efektif untuk memiliki 500 sekrup (1 hari pasokan) digunakan untuk me-mount sebuah perumahan plastik di mesin pemotong rumput dikirim kepada Anda sehari-hari. Untuk menentukan jumlah biaya yang paling efektif sekrup atau komponen lain yang Anda akan perlu menggunakan rumus EOQ.

Ekonomi dasar Order Quantity (EOQ) formula adalah sebagai berikut:

INPUT

Sementara perhitungan sendiri cukup sederhana tugas menentukan input data yang benar untuk secara akurat mewakili persediaan Anda dan operasi adalah sedikit proyek. Agar biaya berlebihan dan biaya tercatat kesalahan umum yang dibuat dalam perhitungan EOQ. Menggunakan semua biaya yang terkait dengan pembelian Anda dan menerima departemen untuk menghitung biaya pemesanan atau menggunakan semua biaya yang terkait dengan penyimpanan dan penanganan material untuk menghitung biaya tercatat akan memberikan biaya yang sangat meningkat sehingga hasil yang tidak akurat dari perhitungan EOQ Anda. Saya juga memperingatkan menggunakan tolok ukur atau diterbitkan standar industri dalam perhitungan. Saya sering melihat referensi untuk biaya pesanan pembelian rata-rata $ 100 sampai $ 150 dalam artikel majalah dan brosur produk. Seringkali referensi ini dapat dilacak kembali sampai studi yang dilakukan oleh lembaga advokasi bekerja untuk bisnis yang secara langsung mengambil keuntungan dari dibesar-besarkan (menurut saya) biaya yang digunakan dalam perhitungan ROI untuk produk atau jasa mereka. Saya tidak menyangkal bahwa beberapa operasi dapat memiliki biaya pembelian di kisaran ini, terutama jika Anda sering kembali sourcing, kembali mengutip, dan / atau membeli dari vendor luar negeri. Namun jika operasi Anda terutama terlibat dengan membeli berulang-ulang dari vendor dalam negeri – yang lebih umum – Anda mungkin akan melihat biaya pembelian pesanan Anda di kisaran $ 10 sampai $ 30 jauh lebih rendah.

Ketika Anda mempersiapkan diri untuk melakukan proyek ini perlu diingat bahwa meskipun akurasi sangat penting, varians kecil di masukan data umumnya memiliki pengaruh yang sangat sedikit pada output. Berikut merinci input data lebih terinci dan memberikan wawasan tentang aspek dari masing-masing.

Penggunaan Tahunan.

Disajikan dalam unit, ini biasanya bagian termudah dari persamaan. Anda hanya masukan diperkirakan penggunaan Anda tahunan.

Order Biaya.

Juga dikenal sebagai biaya pembelian atau biaya set up, ini adalah jumlah biaya tetap yang terjadi setiap kali item diperintahkan. Biaya tersebut tidak berhubungan dengan kuantitas yang dipesan tapi terutama dengan kegiatan fisik yang diperlukan untuk memproses pesanan.

Untuk item yang dibeli, ini akan mencakup biaya untuk memasukkan pesanan pembelian dan / atau permintaan, setiap langkah persetujuan, biaya untuk proses penerimaan, inspeksi masuk, pemrosesan faktur dan pembayaran vendor, dan dalam beberapa kasus sebagian dari barang masuk dapat juga dimasukkan dalam biaya pemesanan. Penting untuk memahami bahwa ini adalah biaya yang berkaitan dengan frekuensi perintah dan bukan kuantitas memerintahkan. Sebagai contoh, di departemen Anda menerima waktu yang dihabiskan memeriksa tanda terima, masuk penerimaan, dan melakukan setiap dokumen terkait lainnya akan dimasukkan, sedangkan waktu yang dihabiskan bahan mengemas, pembongkaran truk, dan pengiriman ke departemen lain mungkin tidak akan dimasukkan. Jika Anda memiliki kualitas pemeriksaan inbound mana Anda memeriksa persentase kuantitas menerima Anda akan mencakup waktu untuk mendapatkan spesifikasi dan proses dokumen dan tidak termasuk waktu yang dihabiskan sebenarnya pemeriksaan, namun jika Anda memeriksa jumlah tetap per diterima Anda kemudian akan mencakup seluruh waktu termasuk pemeriksaan, mengemas, dll Di bagian pembelian Anda akan mencakup semua waktu yang berkaitan dengan menciptakan pesanan pembelian, langkah persetujuan, menghubungi vendor, mempercepat, dan memeriksa laporan pesanan, Anda tidak akan mencakup perkiraan waktu yang dihabiskan meninjau, sourcing, mendapatkan tanda kutip (kecuali Anda mendapatkan penawaran setiap kali Anda memesan), dan mendirikan item baru. Semua menghabiskan waktu berurusan dengan faktur vendor akan termasuk dalam biaya pemesanan.

Menghubungkan biaya yang sebenarnya untuk aktivitas yang berhubungan dengan biaya pemesanan adalah di mana banyak formula EOQ berjalan afoul. Jangan membuat daftar dari semua kegiatan dan kemudian meminta orang melakukan kegiatan “berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan ini?” Hasil dari jenis pengukuran jarang bahkan dekat dengan akurat. Aku telah menemukan hal yang akan lebih efektif untuk menentukan persentase waktu dalam departemen dikonsumsi melakukan kegiatan spesifik dan mengalikan ini dengan biaya total tenaga kerja untuk jangka waktu tertentu (biasanya sebulan) dan kemudian membagi dengan baris item diproses selama periode yang sama.

Hal ini sangat sulit untuk mengasosiasikan biaya pengiriman inbound dengan urutan biaya program EOQ otomatis dan saya sarankan hanya jika biaya pengiriman inbound memiliki dampak yang signifikan terhadap unit biaya dan pengaruhnya terhadap unit biaya bervariasi secara signifikan berdasarkan kuantitas pesanan.

Dalam manufaktur, biaya pemesanan akan mencakup waktu untuk memulai perintah kerja, waktu yang berkaitan dengan memilih dan menerbitkan komponen tidak termasuk waktu yang berkaitan dengan penghitungan dan penanganan jumlah tertentu, sepanjang waktu penjadwalan produksi, mesin waktu set up, dan waktu pemeriksaan. Produksi memo langsung berhubungan dengan setup mesin juga harus dimasukkan dalam urutan sebagai biaya akan ada perkakas yang dibuang setelah setiap menjalankan produksi. Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin mengembang atau mengempis buatan biaya set-up. Jika Anda tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi jadwal produksi dengan menggunakan EOQ, Anda mungkin ingin meningkatkan buatan set-up biaya untuk meningkatkan ukuran banyak dan mengurangi waktu mengatur keseluruhan. Jika Anda memiliki kelebihan kapasitas Anda mungkin ingin artifisial penurunan ongkos set up, ini akan meningkatkan keseluruhan mengatur waktu dan mengurangi investasi persediaan. Gagasan bahwa jika Anda membayar untuk tenaga kerja dan overhead mesin tetap akan masuk akal untuk mengambil keuntungan dari tabungan di persediaan berkurang.

Untuk sebagian besar, biaya pemesanan terutama tenaga kerja yang terkait dengan pemrosesan order, namun, Anda dapat menyertakan biaya lain seperti biaya panggilan telepon, faks, perangko, amplop, dll

Biaya Penanganan.

Juga disebut dengan biaya Holding, biaya tercatat adalah biaya yang terkait dengan persediaan yang memiliki di tangan. Hal ini terutama terdiri dari biaya yang berkaitan dengan investasi persediaan dan biaya penyimpanan. Untuk tujuan perhitungan EOQ, jika biaya tidak berubah berdasarkan jumlah persediaan di tangan tidak harus dimasukkan dalam biaya tercatat. Dalam rumus EOQ, biaya membawa direpresentasikan sebagai rata-rata biaya tahunan per unit persediaan di tangan.

Berikut ini adalah komponen utama biaya penanganan.

Bunga. Jika Anda harus meminjam uang untuk membayar persediaan Anda, tingkat bunga akan menjadi bagian dari nilai tercatat. Jika Anda tidak meminjam pada persediaan, tetapi memiliki pinjaman pada barang modal lainnya, Anda dapat menggunakan tingkat bunga kredit tersebut karena pengurangan persediaan akan membebaskan uang yang bisa digunakan untuk membayar pinjaman tersebut. Jika oleh beberapa keajaiban Anda bebas hutang Anda akan perlu untuk menentukan seberapa banyak Anda bisa membuat jika uang itu diinvestasikan.

Asuransi. Karena biaya asuransi secara langsung berkaitan dengan total nilai persediaan, Anda akan memasukkan ini sebagai bagian dari biaya tercatat.

Pajak. Jika Anda diminta untuk membayar pajak atas nilai persediaan Anda mereka juga akan disertakan.

Biaya penyimpanan. Kesalahan dalam menghitung biaya penyimpanan yang umum dalam implementasi EOQ. Pada umumnya perusahaan mengambil semua biaya yang terkait dengan gudang dan dibagi dengan persediaan rata-rata untuk menentukan persentase biaya penyimpanan untuk perhitungan EOQ. Hal ini cenderung untuk memasukkan biaya yang tidak langsung dipengaruhi oleh tingkat persediaan dan tidak mengimbangi karakteristik penyimpanan. biaya tercatat untuk tujuan perhitungan EOQ sebaiknya hanya biaya yang didasarkan pada variabel tingkat persediaan.

Jika Anda menjalankan memilih / paket operasi di mana Anda telah memilih lokasi tetap ditugaskan untuk setiap item di mana lokasi adalah ukuran untuk memilih efisiensi dan tidak dirancang untuk memegang seluruh inventaris, ini bagian gudang tidak harus disertakan dalam biaya tercatat sejak perubahan tingkat persediaan tidak mempengaruhi biaya di sini. overflow area penyimpanan Anda akan termasuk dalam biaya tercatat. Operasi yang menggunakan penyimpanan murni acak untuk produk mereka akan mencakup seluruh area penyimpanan dalam perhitungan. Bidang-bidang seperti pengiriman / penerimaan dan pementasan daerah biasanya tidak termasuk dalam perhitungan penyimpanan. Namun. jika Anda harus menambah gudang tambahan hanya untuk persediaan melimpah maka Anda akan mencakup semua wilayah di gudang kedua dan juga ongkos angkut dan biaya tenaga kerja sehubungan dengan gerakan material antara gudang.

Karena biaya penyimpanan umumnya diterapkan sebagai persentase dari nilai persediaan Anda mungkin perlu untuk mengklasifikasi persediaan Anda didasarkan pada rasio kebutuhan ruang penyimpanan nilai untuk menilai biaya penyimpanan akurat. Sebagai contoh, katakanlah anda baru saja membuka E-bisnis baru yang disebut “BobsWeSellEverything.com”. Anda menghitung bahwa keseluruhan biaya tahunan Anda penyimpanan adalah 5% dari nilai persediaan rata-rata, dan diterapkan ini untuk seluruh persediaan dalam perhitungan EOQ. persediaan rata-rata Anda pada bagian tertentu dari perangkat lunak dan pada £ 80 kantong campuran beton baik datang ke $ 10.000. Rumus EOQ menerapkan biaya penyimpanan $ 500 untuk jumlah rata-rata masing-masing item meskipun perangkat lunak sebenarnya mengambil hanya 1 posisi palet sedangkan campuran beton dikonsumsi 75 posisi palet. Mengelompokkan item ini akan menempatkan perangkat lunak dalam kategori dengan biaya penyimpanan minimal (1% atau kurang) dan beton dalam kategori dengan biaya penyimpanan ekstrim (50%) yang kemudian akan memungkinkan rumus EOQ untuk bekerja dengan benar.

Ada situasi di mana Anda mungkin tidak ingin menyertakan biaya penyimpanan dalam perhitungan EOQ Anda. Jika operasi Anda memiliki ruang penyimpanan lebih dari yang tidak memiliki kegunaan lain Anda mungkin memutuskan untuk tidak menyertakan biaya penyimpanan sejak mengurangi persediaan Anda tidak memberikan penghematan biaya penyimpanan aktual. Sebagai operasi Anda tumbuh dekat sebuah titik di mana Anda akan perlu untuk memperluas operasi fisik Anda, Anda kemudian dapat mulai termasuk penyimpanan dalam perhitungan.

Sebagian dari waktu yang dihabiskan pada perhitungan siklus juga harus disertakan dalam biaya tercatat, ingatlah untuk menerapkan biaya yang berubah berdasarkan pada perubahan tingkat persediaan rata-rata. Jadi dengan perhitungan siklus, Anda akan menyertakan waktu yang dihabiskan secara fisik dan tidak menghitung waktu yang dihabiskan mengisi dokumen, entri data, dan waktu perjalanan antara lokasi.

biaya lain yang dapat dimasukkan dalam biaya tercatat merupakan faktor risiko yang terkait dengan usang, kerusakan, dan pencurian. Jangan faktor dalam biaya kecuali mereka adalah akibat langsung dari tingkat persediaan dan cukup signifikan untuk mengubah hasil dari persamaan EOQ.

VARIASI

Ada banyak variasi pada model dasar EOQ. Saya telah terdaftar yang paling berguna di bawah ini.

· Kuantitas logika diskon dapat diprogram untuk bekerja bersama dengan rumus EOQ untuk menentukan jumlah pesanan optimal. Kebanyakan sistem ini akan membutuhkan pemrograman tambahan.

· Logika tambahan dapat diprogram untuk menentukan jumlah maksimum untuk item dikenakan untuk mencegah pembusukan atau usang pada item mencapai akhir siklus hidup produk.

· Bila digunakan dalam manufaktur untuk menentukan ukuran banyak mana produksi berjalan sangat lama (beberapa minggu atau bulan) dan produk akhir adalah yang dirilis ke saham dan dikonsumsi / dijual di seluruh produksi jangka Anda mungkin perlu mempertimbangkan rasio produksi untuk konsumsi lebih akurat mewakili tingkat rata-rata persediaan.

· Perhitungan safety stock Anda dapat mempertimbangkan urutan waktu siklus yang didorong oleh EOQ. Jika demikian, Anda mungkin perlu untuk mengikat biaya dari perubahan tingkat safety stock formula.

IMPLEMENTASI EOQ

Ada terutama dua cara untuk menerapkan EOQ. Kedua metode jelas mengharuskan Anda telah menentukan biaya yang terkait. Metode paling sederhana adalah untuk membuat perhitungan Anda dalam program spreadsheet, manual menghitung EOQ satu item pada suatu waktu, dan kemudian secara manual kuantitas pesanan masukkan ke dalam sistem inventaris Anda. Jika persediaan Anda memiliki permintaan cukup stabil dan biaya dan Anda memiliki kurang dari satu atau dua ribu SKU Anda mungkin bisa mendapatkan dengan menggunakan metode ini sekali per tahun. Jika Anda memiliki lebih dari beberapa ribu SKU dan / atau lebih tinggi variabilitas permintaan dan biaya Anda perlu program formula EOQ ke dalam sistem persediaan yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk cepat kembali secara otomatis menghitung EOQ sebanyak yang dibutuhkan. Anda juga dapat menggunakan hibrid dari dua sistem dengan men-download data Anda ke spreadsheet atau program database, melakukan perhitungan dan kemudian memperbarui sistem inventaris Anda secara manual atau melalui program batch. Apapun metode yang Anda gunakan Anda harus memastikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

Uji formula. Sebelum implementasi akhir Anda harus menguji pemrograman dan setup. Jalankan program EOQ dan kemudian secara manual memeriksa hasil menggunakan item sampel yang mewakili variasi dasar persediaan Anda.

Proyek hasil. Anda akan perlu menjalankan simulasi atau menggunakan perwakilan sampling dari item untuk menentukan efek jangka pendek dan jangka panjang secara keseluruhan perhitungan EOQ akan memiliki pada ruang gudang, arus kas, dan operasi. Drama meningkatkan tingkat persediaan mungkin tidak langsung layak, jika hal ini terjadi sementara Anda dapat menyesuaikan pengaturan formula sampai dapat dibuat untuk menangani persyaratan penyimpanan tambahan dan mengimbangi efek pada arus kas. Jika proyeksi menunjukkan tingkat persediaan menurun dan frekuensi order meningkat, Anda mungkin perlu mengevaluasi kepegawaian, peralatan, dan proses perubahan untuk menangani aktivitas meningkat.

Menjaga EOQ. Nilai untuk biaya Orde dan biaya tercatat harus dievaluasi minimal sekali per tahun dengan mempertimbangkan setiap perubahan tingkat suku bunga, biaya penyimpanan, dan biaya operasional.

Perhitungan yang terkait adalah perhitungan Total Biaya Tahunan. Perhitungan ini dapat digunakan untuk membuktikan perhitungan EOQ. Total Biaya Tahunan = [penggunaan (tahunan dalam unit) / (kuantitas pesanan) (biaya pesan )]+{[. 5 (kuantitas order) + (stok pengaman)] * (tahunan tercatat biaya per unit)). Formula ini juga sangat berguna ketika mengutip membandingkan mana vendor menawarkan jumlah minimum urutan yang berbeda, istirahat harga, lead, biaya transportasi.

Gunakan! Perhitungan EOQ adalah “Hard Ilmu”, jika Anda memiliki masukan yang akurat output adalah jumlah biaya yang paling efektif untuk memesan berdasarkan biaya operasional Anda saat ini. Untuk lebih meningkatkan perputaran persediaan Anda akan perlu untuk mengurangi biaya pesanan. E-procurement, persediaan vendor-dikelola, bar coding, dan program sertifikasi vendor dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pemrosesan pesanan. Peralatan tambahan dan perubahan proses dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan manufaktur mengatur. Meningkatkan akurasi ramalan dan mengurangi waktu memimpin yang menghasilkan kemampuan untuk beroperasi dengan mengurangi safety stock juga dapat mengurangi tingkat persediaan.

Ditulis oleh  :  Dave Piasecki

Sumber : http://www.inventoryops.com/economic_order_quantity.htm

Bahan Bacaan yang direkomendasikan:

David Piasecki, Inventory Management Explained, March 2009

James H. Greene,American Production and Inventory Control Society, Production and Inventory Control Handbook, McGraw-Hill, January 1996

Richard J, Tersine,  Principles of Inventory and Materials Management, PTR Prentice Hall,   August 1993


About these ads

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: